Bertemu Jack Ma, Ini Tanggapan Ketum Kadin

  • Monday, 15 October 2018
  • 16
Di sela agenda Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, Jack Ma berkesempatan untuk bertemu sejumlah menteri dan pengusaha nasional. 

Dari pihak pemerintah hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Sementera dari kalangan pengusaha hadir Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani, dan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Makanan Olahan dan Industri Peternakan Juan Permata Adoe.

Jack Ma menyoroti dua hal, yakni penguatan sektor UKM dan peningkatan kualitas SDM di bidang teknologi. Dukungan pada penguatan SDM akan disalurkan melalui pendirian Jack Ma Institute di Indonesia.

Menanggapinya, Ketum Kadin Rosan Roeslani menyatakan lembaga pendidikan tersebut penting untuk transfer ilmu, selain untuk memperkuat SDM lokal di bidang teknologi informasi yang masih tertinggal. Dengan demikian usaha kecil dan usaha rintisan (startup) akan berperan lebih dalam mendorong ekonomi nasional.

"Kita ingin agar UKM naik kelas dan bisa memasarkan produknya secara massif ke seluruh dunia," ujar Rosan di Bali, Sabtu (13/10/2018).

Dia juga menanggapi kesempatan yang diberikan Alibaba pada lima produk andalan ekspor ke China, yaitu mi instan, sarang burung walet, crackers, kopi, dan kerupuk udang. Produk-produk tersebut akan dihadirkan dalam ajang Eleven Eleven, festival belanja terbesar di China. 

"Kontinuitas dari eleven eleven ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal dari segi dunia usaha dan terutama untuk meningkatkan kemampuan SDM kita di UKM," ujar Rosan.

Rosan juga mengapresiasi Jack Ma yang sudah hadir di Bali sebagai penasihat yang akan memberikan arahan untuk UMKM agar bisa berpartisipasi dan belajar langsung di Alibaba. 
"Oleh karena itu kami akan hadir dan membawa delegasi ke China double 11. Saya akan membawa banyak delegasi dan semoga ini menghasilkan banyak kreasi," ujarnya. (Mo)