KadinRabu, 16 September 2020


UPDATE Corona: Per 16 September, Kasus Baru Corona

di Indonesia Bertambah 3.963


JAKARTA – Kasus baru corona di Indonesia terus bertambah. Update corona per 16 September, tercatat hasil positif terkonfirmasi sebanyak 3.963 kasus, sehingga total kasus positif corona hingga hari ini mencapai 228.993. Hal ini berdasarkan data resmi dari situs kemkes.go.id seperti dilansir oleh CNNIndonesia.com.


Penambahan juga terlihat pada kasus pasien yang telah dinyatakan sembuh, yakni sebesar 3.036 orang, menjadi 164.101 orang. Begitupun dengan kasus kematian. Terjadi peningkatan sebanyak 135 orang, sehingga total menjadi 9.100 orang.


Sehari sebelumnya kasus positif corona di Indonesia mencapai 225.030. Dengan 161.065 orang telah dinyatakan sembuh dan 8.965 orang meninggal dunia.


Meminimalisasi kasus corona, Presiden RI Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan untuk menurunkan kasus corona di sembilan provinsi dalam dua pekan. Sembilan provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara dan Papua. 


Menanggapi hal tersebut, Epidemiolog dari Universitas Airlangga Laura Navika Yamani mengatakan target dua pekan itu tidak realistis. Pasalnya, para menteri tidak mendukung penerapan PSBB yang merupakan salah satu realisasi protokol pencegahan corona dalam konteks kebijakan. 


Sebelumnya, untuk meminimalisasi penyebaran corona Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik rem darurat dengan menerapkan kembali PSBB total per 14 September 2020. Tak hanya itu, penerapan protokol kesehatan masih menjadi langkah efektif menekan angka kasus corona. Masyarakat pun diminta untuk berperan aktif menjalankan 3M: mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Berita Terbaru
UPDATE Corona: 28 September, Kasus Baru Corona di Indonesia Bertambah 3.509
Ilustrasi – Update kasus corona. Shutterstock.
SelengkapnyaKadin