KadinSenin, 05 April 2021

PPKM Diperlonggar, Ekonomi Indonesia Meningkat


Ilustrasi - Pertumbuhan ekonomi Indonesia. Shutterstock.


JAKARTA – Pelaku usaha kian optimistis dengan tren pemulihan ekonomi Indonesia. Hal ini disampaikan Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi. Menurutnya, pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan pengendalian Covid-19 menjadi penyebab utamanya. 


“Ini tidak lepas dari diizinkannya kembali beberapa aktivitas ekonomi yang berada di masyarakat,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (5/4/2021).


Baca juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Kadin Jatim dan NTT Bersinergi


Aktivitas ekonomi, diakui Diana belum sepenuhnya beroperasi, namun tren positif pada data-data makro ekonomi telah terlihat. Beberapa industri manufaktur pun mulai ekspansif. Impor bahan baku/penolong dan barang modal mulai meningkat sejak awal tahun.


“Saya ambil contoh, nilai ekspor Februari 2021 sebesar 927,35 juta dolar AS naik 9,65 persen dibanding Januari 2021. Harapan kami kondisi ini dapat berjalan dengan stabil dan tetap terkendali. Untuk itu kesadaran kita bersama dalam menjaga dan menjalankan protokol kesehatan menjadi sangat penting,” ungkapnya.


Melihat perubahan ini, Diana meyakini kondisi akan semakin membaik ke depannya. Terlebih, saat ini banyak masyarakat yang telah divaksin Covid-19. “ Ke depan dengan bantuan dan program pemulihan ekonomi nasional kami berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama ekonomi Indonesia dapat bangkit kembali,” tutupnya. 

Berita Terbaru
Update Corona: Per 11 April, Pasien sembuh Corona Naik 5.219
Ilustrasi – Covid-19. Shutterstock.
SelengkapnyaKadin