KadinMinggu, 02 Mei 2021

Harapan Kadin Atas Peleburan Kemendikbud dan Kemenristek 


Ilustrasi - Perkembangan teknologi. Shutterstock.


JAKARTA – Peleburan Kemendikbud dan Kemenristek dapat menjadi momentum yang tepat untuk merombak model pendidikan di Indonesia dan menjadi kesempatan yang baik bagi tenaga kerja Indonesia ke depannya. Seperti disampaikan Wakil Ketua Bidang Industri Kadin Johnny Darmawan.


“Mudah-mudahan dengan ini digabungnya Kemendikbud dan Kemenristek bisa menjadi kesempatan yang baik bagi tenaga kerja Indonesia pada masa mendatang,” katanya seperti dilansir oleh bisnis.com.


Menurut Johnnya, tanggung jawab Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk melek teknologi, khususnya di dunia kerja tidaklah mudah. Salah satu faktor yang dapat mempersulit upaya pembangunan SDM melek teknologi adalah kehadiran teknologi akan mengurangi kebutuhan industri akan tenaga kerja manusia.


Baca juga: Shinta Kamdani: Perjuangan Kartini Bagi Kesetaraan Gender di Dunia Usaha


“Pabrik-pabrik akan menggunakan teknologi. Pada umumnya ini akan mengurangi pekerja dan berpotensi menimbulkan pengangguran. Jadi, kita harus upgrade kualitas SDM,” katanya.


Saat ini, struktur ketenagakerjaan di Indonesia didominasi oleh tenaga kerja yang 80 persen di antaranya hanya berpendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dari total sekitar 128 juta penduduk.


Dengan adanya UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja diharapkan dapat memicu terakselerasinya proses pembangunan SDM yang melek dengan teknologi baru.


Johnny mengatakan, selama menjalankan pembangunan SDM, pemerintah pun harus mengutamakan perusahaan di sektor padat karya dalam hal pemberian insentif.

Berita Terbaru
Pengusaha Harap Ada Tax Amnesty Jilid II
Ilustrasi – Tax amnesty. Shutterstock.
SelengkapnyaKadin