Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Apresiasi Inovasi, Keberlanjutan dan Inklusivitas, ASEAN Business Awards 2023 Umumkan 26 Penerima Penghargaan

ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) mengadakan ASEAN Business Awards (ABA) 2023, memberikan penghargaan kepada dunia usaha dan individu yang mengedepankan inovasi, keberlanjutan, dan inklusivitas di kawasan ASEAN. Ajang penghargaan ini merupakan bukti penerapan pengalaman terbaik, strategi inovatif, dan komitmen terhadap keunggulan.

ABA 2023 berhasil menjaring lebih dari 700 submisi, baik itu korporasi, usaha mikro kecil menengah (UMKM), maupun individu, yang berasal dari negara-negara di kawasan ASEAN. Sebanyak 26 peserta terbaik dengan 13 kategori diberikan kepada korporasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta individu dari kawasan, pada malam penganugerahan ABA 2023 yang digelar di Ritz-Carlton Pacific Place Hotel, Jakarta.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat menyampaikan pidato kunci, menekankan pentingnya budaya kerja sama, perdamaian, dan penghormatan kepada keberagaman sebagai landasan kekuatan ASEAN.

“Kekuatan ASEAN berpusat pada budaya kerja sama, perdamaian, dan penghormatan atas keberagaman negara-negara ASEAN,” kata Wapres pada acara Malam Penganugerahan ASEAN Business Awards (ABA) 2023 di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Senin (4/9/2023).

Pada kesempatan itu, Wapres secara khusus menyampaikan komitmen Indonesia untuk menjaga harmoni dalam keberagaman, mendorong pendekatan damai dalam penyelesaian konflik, dan menghormati hukum internasional.

“Sebagai negara yang Bineka, Indonesia paham betul pekerjaan berat dalam merawat harmoni dan persatuan dalam keberagaman. Itulah sebabnya Indonesia teguh mendorong pendekatan-pendekatan damai, dialog konstruktif, serta kepatuhan pada hukum internasional dalam penyelesaian konflik,” kata Wapres.

Pilar Penting

Sementara itu, Ketua ASEAN-BAC 2023 yang juga Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, dunia usaha menjadi salah satu pilar penting untuk memajukan perekonomian ASEAN. Sebagai Ketua ASEAN-BAC tahun 2023, Indonesia berada di garda terdepan untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang dinilai berjasa di berbagai sektor ekonomi.

“Dunia usaha harus mendapatkan porsi yang seharusnya karena berperan penting membantu pemerintah meningkatkan perekonomian dan daya tarik kawasan,” kata Arsjad.

Arsjad mengatakan, ASEAN-BAC secara konsisten memberikan apresiasi kepada para pelaku usaha yang selama ini menjadi penggerak perusahaan maupun usaha mikro kecil menengah (UMKM). Para pelaku usaha, lanjutnya, telah menciptakan kinerja positif, inovasi, inklusi, dan pertumbuhan berkelanjutan di ASEAN.

“Ini menjadi tanggung jawab ASEAN-BAC untuk memberikan pengakuan dan penghormatan atas berbagai capaian yang telah diraih. Adalah sebuah langkah positif yang dilakukan Indonesia untuk memberikan penghargaan atas capaian kinerja industri, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan individu,” kata Arsjad.

Mengusung tema “Menyatukan Visi, Mendorong Pertumbuhan,” ABA 2023 terdiri atas delapan pilar penghargaan, mencakup lima pilar yang dikhususkan untuk perusahaan besar dan skala UMKM. Sedangkan, tiga pilar lainnya adalah untuk kategori individu.

Kategori Penghargaan

Secara keseluruhan terdapat 13 kategori penghargaan di berbagai sektor dan bidang. Lima pilar bagi perusahaan dan UMKM terdiri atas pilar Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan, Fasilitasi Perdagangan dan Investasi, serta tiga pilar bagi individu.

Pilar ini mencakup 10 kategori penghargaan, yaitu Digital Innovation, The Best CX, Net-Zero Leader, Plastic Waste Circularity, Sustainable Crop Production, Tech for Sustainable Agriculture, Health Innovation, Corporate Health Achievement, Export Growth, dan Innovative Investment. Selain itu, pilar ini juga mencakup 3 kategori penghargaan bagi individu terdiri atas ASEAN Women Leader, ASEAN Under 40, dan Friends of ASEAN Awards.

Arsjad yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan memasuki tahun ke-17, ASEAN-BAC secara konsisten terus memperkuat kepemimpinan industri, meningkatkan daya saing, dan memperkuat pengakuan global.

Selain menganugerahkan penghargaan, ABA 2023 juga menjadi ajang pameran warisan budaya yang kaya dan beragam di kawasan ASEAN. “Kami menyuguhi pertunjukan budaya inovatif yang merangkum semangat dan tradisi kawasan, termasuk pengalaman imersif menawan.” kata Arsjad.

Malam penganugerahan ini juga akan menampilkan penyanyi ternama yang akan menambah sentuhan glamor dan seni pada perayaan.

“Yang membedakan ABA 2023 adalah kehadiran para kepala negara, menteri, dan pemimpin bisnis berpengaruh dari berbagai negara. Negara-negara ASEAN, semakin mengangkat pamornya untuk membangun kawasan yang lebih kuat dan sejahtera,” tutup Arsjad.

 

Kadin Jatim dan ALFI Teken Kerjasama Pendampingan UMKM Mengakses Pasar Ekspor
Kadin dan BNSP Bekerjasama Kembangkan Sertifikasi Kompetensi Kerja
East Ventures dan Kadin Indonesia meluncurkan ECOVISEA, kalkulator gas rumah kaca berbasis web dan gratis

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry