Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Program Prioritas

EKONOMI DIGITAL

Digital Economy

Digitalisasi ekonomi menjadi motor penggerak dunia usaha di masa pandemi, khususnya bagi UMKM, yang terbukti berperan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Saat ini, UMKM berkontribusi signifikan dengan menyumbang 61 persen dari nilai Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyediakan lapangan kerja sebanyak 97 persen.

Melalui program ini, Kadin Indonesia menjalin kemitraan inklusif bersama multistakeholders berbasis inclusive closed loop yang mengintegrasikan dari level hulu hingga ke hilir dan seluruhnya dikelola melalui sistem digital. Hal ini sebagai upaya perubahan dan terobosan yang lebih efisien untuk meningkatkan skala usaha, produktivitas, kualitas dan nilai tambah bagi UMKM.

Kadin Indonesia juga menjalin kemitraan dengan startup digital dan membangun information hub bagi UMKM melalui wikiwirausaha yang berisi informasi mitra akses pasar, keuangan dan pelatihan digitalisasi sebagai upaya mendukung pemerintah dalam pengembangan ekonomi digital. Ditargetkan 1.000 usaha mikro dan kecil dapat menjadi usaha menengah.

Program ini juga berupaya mendorong adopsi industri 4.0 dan transformasi digital pada tahun 2025 yang diperkirakan dapat menyerap lebih dari 50 juta pekerja dan mendorong pertumbuhan produktivitas tenaga kerja lebih dari US$ 35 miliar.

Transformasi ke arah digitalisasi ekonomi telah menjadi kebutuhan untuk berdaya saing, terutama bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia. Saat ini, UMKM berperan besar dengan menyumbang sekitar 61% dari nilai Produk Domestik Bruto (PDB) dan menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 97% pekerja.

 

Melalui inisiatif ini, Kadin Indonesia telah membangun kemitraan inklusif dengan berbagai pemangku kepentingan (multi-stakeholders) berdasarkan prinsip “inclusive closed loop”. Prinsip ini melibatkan integrasi seluruh rantai nilai ekonomi, dari hulu ke hilir, yang dikelola melalui sistem digital. Langkah ini adalah bagian dari upaya perubahan dan terobosan yang lebih efisien untuk meningkatkan skala usaha, produktivitas, kualitas, dan nilai tambah bagi UMKM.

 

Kadin Indonesia juga telah membentuk kemitraan strategis dengan start-up digital dan mengembangkan Information Hub khusus bagi UMKM melalui platform “Wiki Wirausaha”. Platform ini menyediakan akses ke informasi terkait pasar, keuangan, dan pelatihan digital dengan tujuan memberikan dukungan yang kuat kepada pemerintah dalam upaya pengembangan ekonomi digital yang inklusif. 

 

Program ini juga berkomitmen untuk mendorong adopsi Industri 4.0 dan transformasi digital pada tahun 2025. Transformasi ini diperkirakan akan menciptakan lebih dari 50 juta lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan produktivitas tenaga kerja dengan nilai lebih dari US$ 35 miliar.

 

Kadin Indonesia mendukung perkembangan ekonomi digital yang inklusif dengan membantu UMKM dan pemangku kepentingan ekonomi lainnya untuk menghadapi masa depan dengan digitalisasi.

Program Kami

Kadin Jatim dan ALFI Teken Kerjasama Pendampingan UMKM Mengakses Pasar Ekspor
Kadin dan BNSP Bekerjasama Kembangkan Sertifikasi Kompetensi Kerja
East Ventures dan Kadin Indonesia meluncurkan ECOVISEA, kalkulator gas rumah kaca berbasis web dan gratis

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry