Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Program Prioritas

Ibu Kota Negara

ibu kota negara

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur diyakini akan menjadi pengganti pusat ekonomi baru Indonesia melalui penciptaan 3 juta lapangan kerja baru.

Pemindahan IKN juga diharapkan akan mendorong pemerataan pembangunan ekonomi dan peningkatan perdagangan ke daerah lain minimal 50 persen, membangkitkan gairah pelaku usaha di daerah, dan reformasi struktural, termasuk penerapan Environmental Social and Governance (ESG) guna mewujudkan ekonomi hijau.

Sesuai Visi Indonesia Emas 2045, Ibu Kota Negara (IKN) dibangun dengan identitas nasional untuk mempercepat transformasi ekonomi Indonesia, mencapai target Indonesia sebagai negara maju.

Ibu Kota Negara yang saat ini sedang dalam tahapan pembangunan di Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur diharapkan mampu mendorong pemerataan pembangunan ekonomi dengan reformasi struktural, termasuk penerapan Environmental Social dan Governance (ESG) guna mewujudkan ekonomi hijau.

IKN akan berperan menjadi sebuah superhub dengan 6 kluster ekonomi yang terbagi menjadi :

  1. Klaster Industri Teknologi Bersih

  2. Klaster Farmasi Terintegrasi

  3. Klaster Industri Pertanian Berkelanjutan

  4. Klaster Ekowisata dan Wisata Kesehatan

  5. Klaster Bahan Kimia dan Produk Turunan Kimia

  6. Klaster Energi Rendah Karbon.

Selain itu, akan hadir pula 2 klaster pendukung, yaitu:

  1. Klaster Pendidikan Abad ke-21

  2. Smart City dan Pusat Industri 4.0

Dalam proses pembangunan IKN, Kadin Indonesia berperan dalam fasilitasi pencarian investor di IKN Nusantara. Keterlibatan investasi swasta sangat penting untuk mendukung semangat redistribusi ekonomi antar wilayah di Indonesia, sehingga tercipta pemerataan serta melahirkan potensi pasar yang semakin luas.

Kadin Indonesia telah membentuk Kelompok Kerja (POKJA) IKN sebagai bentuk dukungan dan partisipasi untuk persiapan, pembangunan, pengembangan dan pemindahan Ibu Kota Negara.

Pokja IKN Kadin bekerjasama dengan Badan Otorita IKN dalam memberikan rekomendasi dalam perencanaan dan perancangan master plan, rencana pendanaan, kesiapan sumber daya manusia, hingga melakukan sosialisasi kepada para investor.

Untuk informasi yang komprehensif mengenai IKN dapat diakses melalui website https://www.ikn.go.id/ 

Program Kami

Kadin DKI dan Kodam Jaya Gelar Bazar Sembako Murah Serentak di 5 Wilayah
KPK Gandeng Kadin dalam Upaya Pencegahan Korupsi di Sektor Usaha
Kadin DKI dan Polda Metro Jaya Gelar Bazar Murah

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry