Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Program Prioritas

Indonesia emas

Nantikan Road Map Indonesia Emas 2045 Selengkapnya di Kadin.id

Dapatkan Buku Road Map Indonesia Emas 2045 selengkapnya

Peta Jalan (Road Map) Indonesia Emas 2045

Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa sejak kemerdekaannya pada tahun 1945 dan diperkirakan akan terus melanjutkan pertumbuhan tersebut.

Pada tahun 2045, 100 tahun setelah kemerdekaannya, Indonesia diproyeksikan menjadi ekonomi terbesar ke-4 dunia (berdasarkan PDB PPP) dan ekonomi terbesar ke-8 (berdasarkan PDB riil). Berdasarkan proyeksi tersebut, Indonesia akan menjadi ekonomi berpendapatan tinggi dan keluar dari kategori berpenghasilan menengah (middle income trap) pada tahun 2038, seperti proyeksi RPJPN 2025-2045 Bappenas.

Indonesia 2045 bercita-cita menjadi negara yang resilien, sejahtera, inklusif, dan berkelanjutan, serta menjadi mercusuar inspirasional dari ASEAN. Inti dari visi ini terletak pada filosofi “Gotong Royong” dan “Bhinneka Tunggal Ika”, yang menekankan semangat bekerja sama untuk manfaat yang lebih besar dan merayakan persatuan dalam perbedaan.

Keempat pilar ini telah diturunkan menjadi 14 peta jalan sektoral, sebagai tema pertumbuhan strategis dan pendukung utama:

  • Meningkatkan resiliensi: Membangun resiliensi kesehatan yang tak tertandingi dan membangun ekosistem ketahanan pangan swasembada, dengan target:
    • Peringkat Ketahanan Pangan Global 20 Teratas, dari 113 negara
    • >6 skor indeks dalam Ketahanan Biofarmasi Global
  • Mendorong kesejahteraan: Mengembangkan sektor bernilai tinggi dengan membuka potensi ‘lighthouses’ di sektor manufaktur strategis, memajukan pertumbuhan jasa keuangan, membangun destinasi ekowisata kelas dunia, membuka potensi pemain kreatif global, dan mengakselerasi UMKM menjadi perusahaan menengah berdaya saing global, dengan target:
    • Perekonomian berpenghasilan tinggi pada tahun 2038
  • Memperkuat inklusi: Menjadi model transformasi ekosistem layanan kesehatan, dan memberdayakan masyarakat rentan, dengan target:
    • Peluang yang setara: >60% partisipasi tenaga kerja wanita, <0,3 koefisien Gini, 20 teratas secara global dalam skor PISA, skor >70 dalam keterampilan lulusan
    • Harapan hidup yang lebih tinggi: >80 tahun untuk laki-laki dan perempuan, Kematian anak <5 per 1000 kelahiran, Prevalensi stunting <10%
    • Peningkatan kualitas infrastruktur: >90 skor dalam kualitas infrastruktur
  • Memajukan keberlanjutan: Menjadi rujukan dunia dalam dekarbonisasi yang inovatif dan terjangkau, dan membangun pusat ‘green business build’ terbesar di dunia untuk mencapai Net Zero pada tahun 2060, dengan target:
    • ~50% campuran pembangkit listrik terbarukan — Penerbit kredit karbon teratas
    • ~50% dari 4W, 3W, 2W dan bus dialiri listrik
    • ~25% petani kecil mempraktikkan praktik pertanian regeneratif
  • Enablers utama: Memastikan sumber daya manusia yang siap menghadapi masa depan, infrastruktur yang terintegrasi, mudah diakses, dan terjangkau, teknologi transversal untuk semua, dan kepemimpinan berkualitas global dengan kearifan lokal

Setiap peta jalan sektoral menjabarkan 3 aspek utama: konteks dan tantangan untuk memahami posisi Indonesia saat ini, bold moves untuk mengidentifikasi kegiatan yang akan dilakukan dalam 22 tahun ke depan, dan metrik utama untuk mengidentifikasi target spesifik. Bold moves adalah inisiatif strategis yang akan mendorong pertumbuhan sektor ini atau mendorong sektor yang lebih luas.

Melalui perhitungan dampak pada PDB, tanpa melakukan bold moves  tersebut, Indonesia berpotensi hanya mencapai ~65% dari target PDB 2045. Sebaliknya, dengan bold moves, Indonesia diproyeksikan mencapai ~90-110% dari target PDB 2045. Indonesia dapat dengan percaya diri jalan menuju pertumbuhan yang resilien, sejahtera, inklusif, dan berkelanjutan.

Kadin bercita-cita agar buku putih ini dapat berkontribusi pada Masterplan Indonesia 2045, yang mencerminkan masukan terbaik dari komunitas bisnis dengan semangat ‘Merah Putih’. Ini adalah hasil dari diskusi kolektif dengan berbagai pemangku kepentingan, dengan fokus mencari aspirasi dan bold moves yang benar benar akan membuka jalan pertumbuhan bagi Indonesia.

Program Kami

Kadin Jatim dan ALFI Teken Kerjasama Pendampingan UMKM Mengakses Pasar Ekspor
Kadin dan BNSP Bekerjasama Kembangkan Sertifikasi Kompetensi Kerja
East Ventures dan Kadin Indonesia meluncurkan ECOVISEA, kalkulator gas rumah kaca berbasis web dan gratis

Silakan isi formulir di bawah ini untuk mengunduh Indonesia Emas

File PDF akan dikirim ke email Anda

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

E-BOOK BERHASIL TERKIRIM KE EMAIL ADA

Silahkan periksa inbox di email anda untuk mengunduh E-book Indonesia Emas