Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Program Prioritas

Kesehatan

Health

Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan serta aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), bertujuan untuk mendorong industri kesehatan dalam negeri lebih agresif memproduksi alat kesehatan dalam negeri.

Melalui program ini, Kadin Indonesia menargetkan investasi global dari sektor swasta pada industri kesehatan.

Kadin Indonesia mendukung penguatan industri di sektor kesehatan dengan melakukan berbagai advokasi dan terlibat dalam rekomendasi kebijakan strategis untuk menopang kesehatan masyarakat dan ekonomi Indonesia. Dalam upaya ini, Kadin melibatkan sejumlah asosiasi terkait, sehingga kebijakan tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan industri kesehatan nasional.

Kadin Indonesia Bidang Kesehatan telah menyusun sebuah Buku Putih yang berisi pandangan dan rekomendasi mengenai Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Undang-Undang (UU) No. 17/2023. RPP UU No. 17/2023 tentang farmasi dan alat kesehatan. Buku Putih ini disusun untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak dan implikasi RPP UU Kesehatan No. 17/2023 terhadap sektor kesehatan Indonesia.

Buku Putih ini telah diserahkan kepada Kementerian Kesehatan. Buku Putih ini akan menjadi bahan pertimbangan yang berharga bagi pemerintah dalam merancang dan memutuskan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Kadin Indonesia berkomitmen untuk menjadi mitra bagi para pengusaha dan asosiasi, dan terus mendukung pembangunan sektor kesehatan yang berkualitas di Indonesia. Kolaborasi dan kerja sama yang kuat dapat mencapai tujuan bersama demi kesejahteraan dan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Berkaitan dengan hal itu, Kadin Indonesia juga memiliki program Kesehatan yang berusaha untuk menargetkan investasi global dari sektor swasta pada industri kesehatan. Beberapa programnya antara lain seperti One Shot Campaign dan Healthcare Market.

Program ini nantinya akan berfokus pada pilar-pilar seperti penelitian dan pengembangan (R&D) vaksin, terapi dan diagnostik, harmonisasi pasokan perawatan kesehatan regional, kemitraan dalam genomika, surveilans digital dan konektivitas rantai pasok untuk ketahanan kesehatan di Indonesia. 

 

Informasi lengkap mengenai Buku Putih Rekomendasi RPP 2023 UU Kesehatan No.17 Thaun 2023 Sektor Farmasi dan Alat Kesehatan dapat diperoleh disini.

 

 

Program Kami

Kadin Jatim dan ALFI Teken Kerjasama Pendampingan UMKM Mengakses Pasar Ekspor
Kadin dan BNSP Bekerjasama Kembangkan Sertifikasi Kompetensi Kerja
East Ventures dan Kadin Indonesia meluncurkan ECOVISEA, kalkulator gas rumah kaca berbasis web dan gratis

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry