Kamar Dagang Dan Industri Indonesia

Gelar Rapimnas 2022, KADIN Indonesia Bahas Penguatan Ekonomi Daerah dan Nasional

Gelar Rapimnas 2022, KADIN Indonesia Bahas Penguatan Ekonomi Daerah dan Nasional

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) 2022 yang berlangsung, Jumat (2/12/2022) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Ini merupakan Rapimnas kedua yang dilaksanakanan di era kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia. 

Sebelumnya, Rapimnas pertama di gelar di BNDCC, Bali akhir tahun 2021 lalu. Rapimnas digelar setahun sekali sebagai amanat dari Munas sekaligus sebagai upaya menjadikan KADIN Indonesia sebagai rumah pengusaha yang inklusif dan kolaboratif bagi semua pengusaha dari kecil hingga besar.

Di Rapimnas II ini, KADIN Indonesia mengusung tema “KADIN Kuat, UMKM Kuat, Ekonomi Daerah dan  Nasional Kuat, Indonesia Maju”, yang difokuskan pada penguatan pondasi ekonomi nasional dan daerah melalui pembinaan serta pemberdayaan UMKM sebagai salah satu tulang punggung ekonomi nasional. 

Selain itu, Rapimnas 2022 ini juga menjadi momentum penting bagi KADIN Indonesia dalam menguatkan konsolidasi internal, terlebih setelah Presiden Jokowi mengeluarkan Keppres No 18/2022 mengenai penyempurnaan AD/ART KADIN Indonesia di bawah kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai KADIN yang diakui sekaligus mitra strategis pemerintah.

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya menekankan agar sikap optimistis mesti terus digaungkan, terutama dalam soal perekonomian nasional. Hal itu, kata, presiden berdasarkan dari pandangan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva yang mengatakan Indonesia merupakan titik terang dalam situasi ketidakpastian global karena mampu mengendalikan inflasi di angka 5,7 persen sementara dunia rata-rata sudah di atas 12 persen.

“Indonesia memiliki potensi dan kekuatan besar yang tidak dimiliki negara-negara lain. Indonesia secara geografis berada di jalur perdagangan dunia, kaya SDA, punya bonus tenaga kerja muda produktif. Ini harus dikelola dan dimanfaatkan sebaik seoptimal mungkin untuk menuju Indonesia Emas 2045,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menambahkan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia semakin kuat. Ini menjadi salah satu momentum penting bagi Indonesia dengan membangun ekosistem ekonomi besar yang komprehensif dan terintegrasi, terutama terkait dengan mobil listrik melalui kekayaan nikel dan bauksit yang dimiliki Indonesia.

Indonesia, kata Presiden Jokowi, harus disadari sedang berada di puncak kepemimpinan global. Untuk itu, presiden meminta KADIN Indonesia merumuskan roadmap terkait ekonomi bisnis, peta jalan tujuan dan visi yang akan membawa kita pada kemajuan ekonomi dan kemakmuran rakyat Indonesia.

Road map atau peta jalan yang jelas dari KADIN Indonesia, akan membantu pemerintah untuk menciptakan kebijakan atau aturan yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri terutama bagi keterlibatan pengusaha daerah dan UMKM yang memang didorong masuk dalam rantai pasok industri dan global.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa peran UMKM harus terus digalakkan mengingat UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Ia juga menghimbau agar KADIN Indonesia dapat mengambil peran lebih dalam penguatan UMKM Indonesia, terutama soal program pendampingan antara pengusaha besar dan UMKM.

“UMKM ini tulang punggung ekonomi Indonesia. Sudah teruji dalam berbagai krisis mampu bertahan bahkan menjadi penopang ekonomi kita saat krisis. Salah satu program yang diinisiasi oleh KADIN Indonesia, program kemitraan Inclusive Closed Loop, bisa membuat UMKM bertumbuh dan maju,” kata Luhut.

Selain itu, Menko Luhut juga mengatakan hilirisasi dan investasi menjadi salah satu faktor penentu kemajuan Indonesia. Melalui bantuan KADIN Indonesia, realisasi investasi terutama PMA terus naik. Ini akan menguatkan program hilirisasi yang mendongkrak kinerja ekspor dan mendorong pertumbuhan industri pengolahan serta bisa membantu pemerintah daerah serta UMKM untuk ikut terlibat dalam kegiatan rantai pasok industri.

“Perlu sinergi antara pemerintah dan pengusaha, terutama yang diinisiasi dan dimotori KADIN Indonesia. KADIN Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah wajib memainkan peran central ini. Jika potensi Indonesia dimanfaatkan dengan baik, dapat menarik investasi secara mudah. Maka dari itu, KADIN Indonesia dimohon untuk membantu pemerintah menguatkan UMKM serta mencanangkan lebih luas pemakaian produk dalam negeri,” ujar Menko Luhut

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid dalam pembukaan RAPIMNAS 2022 mengatakan KADIN Indonesia sebagai mitra strategis sangat mengapresiasi langkah pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang terus bertumbuh di tengah kesuraman ekonomi global.

“KADIN Indonesia dan para pelaku usaha siap untuk bekerja bersama, mendukung pemerintah untuk terus memperkuat perekonomian negara, dengan semangat inklusif, kolaboratif, dan progresif dalam menghadapi segala tantangan yang akan kita hadapi kedepannya serta menjaga stabilitas politik dan ekonomi dalam negeri,” kata Arsjad.

Arsjad juga menambahkan, KEPPRES No 18/2022 tentang Perubahan AD/ART KADIN Indonesia yang disahkan Presiden Jokowi semakin menekankan posisi penting KADIN Indonesia sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha di Indonesia dan mitra strategi pemerintah sekaligus memperlihatkan peran sentralnya dalam perekonomian Indonesia.

KADIN Indonesia memiliki peran sentral dalam perekonomian Indonesia dengan mendorong agar pemerintah dan dunia usaha berkolaborasi menjalankan prinsip perekonomian yang lebih inklusif, salah satunya melalui pengembangan dan pemberdayaan UMKM agar lebih maju dan naik kelas.

“Salah satu upaya KADIN Indonesia untuk membantu UMKM naik kelas adalah melalui Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi bulan Oktober lalu. KADIN Indonesia juga menciptakan sebuah platform digital untuk UMKM yang dinamakan Wikiwirausaha.id yang membantu UMKM untuk mendapatkan mitra, akses pasar, dan pembiayaan,” lanjut Arsjad

Arsjad juga mengatakan KADIN Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045 dengan merumuskan sebuah roadmap bagi perusahaan multisektor yang menjadi salah satu program kerja prioritas dari KADIN Indonesia pada tahun 2023. Roadmap ini disusun agar segala upaya, program, dan inisiatif dapat lebih terkoordinasi dan terarah serta melibatkan banyak pemangku kepentingan sehingga menciptakan strategi yang inklusif.

“Diharapkan melalui Indonesia Incorporated dapat menghasilkan banyak inisiatif dan kerjasama antar KADIN Indonesia dengan pemerintah untuk menyukseskan keketuaan Indonesia di ASEAN Business Advisory Council 2023,” ucap Arsjad.

Arsjad juga mengatakan Rapimnas ini merupakan sebuah medium untuk seluruh jajaran Pengurus KADIN Indonesia akan menyatukan langkah dan tujuan dalam menyusun program kerja yang konkret demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, Indonesia yang maju dan sejahtera.

Dalam Rapimnas KADIN 2022 juga dilakukan penandatanganan antara KADIN Indonesia dengan beberapa lembaga atau perusahaan yaitu LKPP, Indosat, Kejaksaan Agung, Kepolisian, BNPT, BSSN.

###

 

Indonesia Trading House (ITH) di Swiss, Kerja Sama Antara KADIN dan Pasar Indonesia AG Diresmikan
KADIN Papua Siap Pasarkan Produk UMKM di Swiss
Peran KADIN Indonesia Semakin Kuat di World Economic Forum
KADIN NTT Salurkan Bantuan Bagi Korban Puting Beliung di Flores Timur
Hilirisasi: Kunci Untuk Memaksimalkan Nilai Tambah Perekonomian Indonesia

B20 Summit Indonesia 2022 | 13-14 November | Bali

Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth

2
Feb 23
Industrial Roadshow & Business Forum 2023
Jumpa
KADIN Indonesia

B20 Summit Indonesia 2022 | 13-14 November | Bali

Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth

KADIN Indonesia dan Indosat Ooredoo Fasilitasi Beasiswa Programming
KADIN Aceh Memberikan Generator Oksigen Ke RSUD Meuraxa
Jelang Rapimnas 2022, KADIN Indonesia Adakan Beberapa Pertemuan Penting
Joint Opening Indonesia Net Zero Summit 2022 dan B20 Investment Forum: Aksi Iklim Kolektif untuk Dekarbonisasi Industri
KADIN Indonesia Bersama Kamar Dagang Swiss dan Eropa Meluncurkan Buku B20 Sustainability 4.0 Awards

B20 Summit Indonesia 2022 | 13-14 November | Bali

Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth

KADIN DKI Jakarta Imbau Pelaku UMKM Tak Khawatir Soal Integrasi NIK Jadi NPWP
KADIN DKI Jakarta Imbau Pelaku UMKM Tak Khawatir Soal Integrasi NIK Jadi NPWP
KADIN Atasi Masalah Keuangan pada UKM
KADIN Atasi Masalah Keuangan pada UKM

B20 Summit Indonesia 2022 | 13-14 November | Bali

Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth

2
Feb 23
Industrial Roadshow & Business Forum 2023
Jumpa
KADIN Indonesia
9
Des 22
Seminar TKDN
Jumpa
KADIN Indonesia
10
Nov 22
Jakarta International Premium Products Fair (JIPREMIUM) 2022
Jumpa
KADIN Indonesia
KADIN Indonesia Gandeng BKPM Gaet Investor Global di Indonesia Pavilion Davos 2023
Roadmap Strategi 2045 Menjadi Program Prioritas KADIN Indonesia 2023
Gelar Rapimnas 2022, KADIN Indonesia Bahas Penguatan Ekonomi Daerah dan Nasional
Rapimnas KADIN 2022 Fokus Untuk Memperkuat UMKM

B20 Summit Indonesia 2022 | 13-14 November | Bali

Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth

Foto Kosong