Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Kadin Matangkan Program di Task Force Keberlanjutan dan Perubahan Iklim

Kadin Matangkan Program di Task Force Keberlanjutan dan Perubahan Iklim

Ketua Koordinator Task Force Keberlanjutan dan Perubahan Iklim Kadin, Shinta W. Kamdani memimpin rapat dengan para Ketua Task Force dan anggota terkait mengenai perkembangan pelaksanaan program Kadin.

Adapun beberapa program yang dibahas antara lain mengenai EV Ecosystem Development untuk mengakselarasi mobil listrik yang masih memerlukan pengembangan menyeluruh dari hulu sampai hilir, serta insentif dan pembiayaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Bahasan lainnya adalah mengenai sustainable farming. Saat ini PISA Agro sudah menjangkau hingga 13.250 desa dengan mengimplementasikan inclusive close loop model system dapat membuat pendapatan petani mengalami kenaikan.

Selain itu, sektor blue economy mengusung program climate smart shrimp farming, karena industri ini merupakan sub sektor perikanan yang pertumbuhannya paling cepat. Permintaannya meningkat setiap tahunnya. Indonesia menyumbang 8 persen supply di dunia. Secara nilai, udang berkontribusi dalam 42 persen ekspor di sektor perikanan. Pilot project membutuhkan sekitar 11 hektar dari potensi area 624 hektar di lalombi, Banawa selatan, Donggala, Sulawesi Tengah.

Program lainnya adalah Kadin Eco Hub yang meusatkan perhatian pada ajakan badan usaha di Indonesia untuk bergabung dalam gerakan Kadin Ekonomi Sirkular yang menerapkan panduan peta jalan yang dikeluarkan oleh KLHK.

Sementara itu, regulasi perdagangan karbon masih menjadi bahasan tersendiri yang masih menjadi perhatian dunia usaha, terutama terkait tata laksana penerapan nilai ekonomi karbon (NEK), pemanfaatan NEK, skema perdaganagn karbon berbasis regulatory market based, hingga perdagangan karbon luar negeri.

Program Net Zero Hub masih akan terus melakukan identifikasi terhadap industri-industri berikut dengan rantai pasoknya.

Rapat juga membahas mengenai perkembangan Green Fund Digital Philantrophy sebagai platform gotong royong untuk menghimpun pendanaan publik secara inovatif dan akuntabel berbasis teknologi digital, berfokus untuk mengatasi perubahan sosial dan krisis iklim. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Kadin untuk mewujudkan kelestarian alam.

##

Perputaran Uang Saat Lebaran 2024 Diprediksi Capai Rp157,3 T
Kadin DKI dan Kodam Jaya Gelar Bazar Sembako Murah Serentak di 5 Wilayah
KPK Gandeng Kadin dalam Upaya Pencegahan Korupsi di Sektor Usaha

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry