Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN Indonesia Berkomitmen Mendorong Akselerasi Perdagangan Indonesia
KADIN Indonesia Berkomitmen Mendorong Akselerasi Perdagangan Indonesia

KADIN Indonesia Berkomitmen Mendorong Akselerasi Perdagangan Indonesia

Ajang pameran internasional terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 resmi dibuka pada 19 September 2022. Pameran yang berfokus pada B2B untuk perdagangan, pariwisata, dan investasi yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pemerintah Indonesia merupakan ajang promosi produk dan jasa Indonesia yang berorientasi ekspor (19/10/2022).

Setelah tertunda selama 2 tahun akibat dari Pandemi Covid-19, Trade Expo Indonesia kembali diselenggarakan pada tahun 2022 dalam konsep hybrid pameran offline dan virtual.

Dengan mengungsung tema “Strengthening Global Trade for Stronger Recovery” TEI 2022 menawarkan kesempatan untuk memperluas jaringan bisnis dan investasi di Indonesia melalui forum perdagangan, seminar internasional, dan business matching yang ditampilkan dalam acara ini. TEI 2022 diharapkan menjadi jembatan antara Indonesia dan dunia untuk memperkuat perdagangan global untuk pemulihan yang lebih kuat.

Dalam pembukaan Trade Expo 2022 Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menyebutkan di tengah ancaman resesi saat ini, pertumbuhan perekonomian Indonesia pada Kuartal II 2022 tercatat di angka 5,44% yoy. Indonesia juga termasuk salah satu negara yang berhasil mempertahankan angka inflasi di bawah 5 persen atau 4,69 persen yoy per Agustus 2022. Meski demikian, dampak dari kenaikan BBM

memberikan kenaikan pada inflasi sampai menyentuh angka 5,9%, angka tersebut masih dapat dikendalikan.

“Sejak bulan Januari hingga bulan September 2022 surplus dari neraca perdagangan Indonesia mencapai 39,8 Miliar USD, yang merupakan jumlah yang tidak sedikit. Kita semua harus tetap optimis namun tetap waspada dan hati-hati karena badainya sulit diprediksi, imbasnya tentu akan berdampak ke Indonesia,” sambung Presiden Jokowi.

“Seperti saat kita menghadapi pandemi, semuanya saya lihat bekerja sama: pemerintah, swasta, dari pusat sampai ke desa, semuanya bekerja sama, dan alhamdulillah kita bisa menyelesaikan. Ini juga sama, harus kompak,” ungkapannya.

Pembukaan Trade Expo Indonesia 2022 ini dilanjutkan dengan Forum Trade, Tourism and Investment (TTI) yang mengangkat tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Perdagangan, Pariwisata dan Investasi”.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan menyampaikan terdapat berbagai tantangan global akibat dari Pandemi COVID-19 tidak hanya dianggap sebagai tantangan, namun juga sebagai peluang untuk perdagangan dan perekonomian Indonesia.

“Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir, namun kita sudah mendapat tantangan baru seperti salah satunya perselisihan geopolitik yang saat ini terjadi di beberapa negara yang menjadikan banyak perubahan yang terjadi. Namun, dalam menghadapi tantangan global, diperlukannya kerjasama dan gotong royong untuk bersama menekan tantangan yang ada khususnya di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi,” sambung Zulkifli.

Zulkifli juga menambahkan bahwa saat ini Indonesia memiliki 27 perjanjian perdagangan yang sudah di tanda tangan dan diimplementasikan, 17 perjanjian yang sedang berjalan dan 18 perjanjian yang masih dalam proses eksplorasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno

juga memaparkan saat ini pariwisata Indonesia naik 12 peringkat setelah sempat mengalami penurunan diakibatkan pandemi COVID-19. Hal ini harus dimanfaatkan untuk menarik para investor untuk berinvestasi di seluruh wilayah Indonesia, sehingga dapat membantu memulihkan perekonomian Indonesia.

“Indonesia sendiri memiliki strategi pemulihan pariwisata yang terdiri dari 5 langkah, yaitu menciptakan destinasi berkualitas, melakukan revitalisasi industri, mensinergikan kebijakan, memanfaatkan momentum event yang tepat, sehingga terciptanya akselerasi untuk mendorong investasi di Indonesia. Dengan memiliki pariwisata yang berkualitas dapat membantu meningkatkan penghasilan. Selain itu, pemerintah juga melakukan inovasi, kolaborasi, dan adaptasi dalam meningkatkan investasi di Indonesia,” ucap Sandiaga.

Sandiaga juga mengatakan bahwa saat ini ekonomi kreatif Indonesia menduduki posisi ke 3 terbesar di dunia, dimana momentum ini sangat bermanfaat untuk mengakselerasi perdagangan Indonesia.

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan, Juan Permata Adoe menyampaikan bahwa KADIN Indonesia melihat ada beberapa hal yang perlu diamati. Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya selesai, masih banyak hal yang perlu kita waspadai.

“Belum sepenuhnya Indonesia bangkit dari Pandemi COVID-19 pemulihan ekonomi global kembali dihantam oleh ancaman krisis dan ketidakpastian ekonomi. Namun di sisi

lain, dunia usaha sudah memasuki jalur pemulihan, hal ini tercermin dari kinerja sektor industri dan perdagangan yang mulai menunjukan peningkatan,” sambung Juan.

Juan juga menambahkan, upaya KADIN Indonesia dalam mendorong percepatan pemulihan perekonomian Indonesia salah satunya melalui pemberdayaan UMKM agar dapat berkontribusi pada ekspor dan surplus perdagangan melalui inisiatif KADIN Indonesia yang mana adalah KADIN International Trading House, Wikiwirausaha, serta dorongan dalam akselerasi pengembangan sertifikasi halal pada produk UMKM agar dapat merambah pasar ekspor.

Selain itu, turut hadir dalam Trade, Tourism and Investment Forum, Sekretaris Jenderal Kementerian Investasi/BKPM, Ikmal Lukman; Managing Director World Bank bagian Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan, Mari Elka Pangestu; serta Director General World Trade Organization Dr. Ngozi Okonjo-Iweala

Acara Trade, Tourism, and Investment tahun ini dilakukan secara hybrid dan diharapkan dapat menjadi titik balik pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca pandemic COVID-19. Tak hanya itu, produk yang ditampilkan pada acara ini dibagi menjadi 7 sektor antara lain, manufaktur, fashion, aksesoris, kecantikan, kesehatan, peralatan medis, mebel, dekorasi, jasa digital serta makanan dan minuman yang 30 persennya dialokasikan untuk UMKM.

Acara ini juga dilanjutkan dengan Jakarta Muslim Fashion Week yang diikuti oleh 144 designer muda yang bertujuan untuk mendorong Indonesia menjadi pusat produk halal dan fashion muslim dunia. TEI tahun ini juga mendapat antusias yang sangat tinggi, hingga pagi ini tercatat 2.288 buyer yang terdaftar dari 176 negara.

####

Training of Trainers Vokasi untuk Tenaga Kerja Berkelanjutan
Kadin Gandeng Epicor untuk Digitalisasi di Sektor Manufaktur
Kadin: Kenaikan Tax Ratio 2025 Harus Diikuti dengan Ekstensifikasi Pajak

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry