Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Ketum KADIN NTT Sambut Pemulihan Ekonomi NTT Pasca Pandemi

Ketum KADIN NTT Sambut Pemulihan Ekonomi NTT Pasca Pandemi

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Bobby Lianto mengungkapkan siap menyambut momentum kebangkitan perekonomian di wilayah NTT, terutama pasca pandemi. Berbagai upaya pun telah disiapkan oleh Kadin NTT untuk membangkitkan ekonomi daerah.

Saat ini KADIN NTT membuat berbagai program seperti pelatihan entrepreneurship, digitalisasi UMKM, sekolah ekspor, dan pelatihan 1000 startup. Selanjutnya pasar tani, pasar UMKM, pengajaran bahasa Inggris online bagi desa-desa di NTT, membantu UMKM mendapatkan sertifikasi BPOM, edukasi UMKM dalam membuat packaging, serta membentuk pabrik biomassa.

Bobby juga menyebut, pihaknya berkomitmen untuk membangkitkan perekonomian NTT melalui transformasi ekonomi.

“Provinsi NTT memiliki potensi energi baru terbarukan (EBT) yang melimpah dan menjanjikan, hingga 25 gigawatt. Hal ini merupakan peluang emas untuk menarik investor dalam berinvestasi EBT di Provinsi NTT,” kata Bobby dikutip dari keterangan tertulis, Senin (31/10/2022).

Adapun saat ini Kadin Provinsi NTT membangun pabrik wood chip yang digunakan sebagai pengganti energi batu bara pada PLTU di Kupang. PLTU ini merupakan PLTU pertama yang berhasil mengadakan uji coba pemakaian 100% wood chip menggantikan batu bara.

Ketua Umum yang resmi dilantik pada Desember 2021 ini juga mengatakan bahwa kebangkitan ekonomi tidak hanya berbicara mengenai investasi, namun menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang terbaik. Oleh karena itu, KADIN NTT mengirimkan generasi muda NTT untuk melanjutkan studi ke Jerman. Sehingga dapat membangun jiwa kewirausahaan anak muda di NTT.

Lebih lanjut, Bobby menilai, Provinsi NTT yang terpilih menjadi salah satu tempat dilaksanakannya side event dari B20 ini sebagai kesempatan emas untuk memperkenalkan NTT di kancah internasional.

“Tak hanya sektor pariwisata yang dipromosikan, sektor kelautan dan perikanan, peternakan, pertanian terutama sorgum, hingga sektor energi baru terbarukan dari NTT turut diperkenalkan,” kata dia.

Dia berharap, hal ini dapat membantu dalam menarik investor asing untuk berinvestasi di NTT karena NTT memiliki banyak kekayaan alam yang dapat dikelola. Sehingga menjadi sebuah peluang bisnis yang besar.

Seperti diketahui KADIN NTT juga berhasil melakukan ekspor dan memperkenalkan produk hasil UMKM NTT ke beberapa negara asing, yaitu Amerika, Singapura, Australia, dan Timor Leste.

Dilansir dari CNBC.
Perputaran Uang Saat Lebaran 2024 Diprediksi Capai Rp157,3 T
Kadin DKI dan Kodam Jaya Gelar Bazar Sembako Murah Serentak di 5 Wilayah
KPK Gandeng Kadin dalam Upaya Pencegahan Korupsi di Sektor Usaha

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry