Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Program Pelatihan Sirup Kalamansi Kadin Bengkulu Mendorong Perekonomian Daerah dan Pemberdayaan Perempuan

Melalui “Program Pelatihan Pembuatan Dan Pengemasan Sirup Kalamansi”, Kadin Bengkulu Dorong Produktivitas Petani Serta Pemberdayaan Perempuan

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terus mendorong pengembangan potensi ekonomi daerah melalui ajang Kadin Impact Award (KIA). Melanjutkan rangkaian penjurian KIA, Kadin Indonesia hari ini mengunjungi Provinsi Bengkulu untuk melihat dampak nyata dari “Program Pelatihan Pembuatan Dan Pengemasan Sirup Kalamansi” dalam mendorong peningkatan perekonomian daerah dan inklusivitas sosial terutama dalam keterlibatan perempuan dalam UMKM.

Sejak dimulai pada tahun 2018, program tersebut telah memberikan dampak positif terhadap produktivitas sekitar 150 keluarga petani, dimana perempuan mengambil peran utama dalam ekosistem tani yang memanfaatkan 13Ha lahan perkebunan jeruk kalamansi. Pendekatan komprehensif yang diadopsi oleh Kadin Daerah Provinsi Bengkulu termasuk program pelatihan petani, pembuatan dan pengemasan produk hingga pemasaran.

Melalui serangkaian pelatihan dan sosialisasi, para petani mengalami peningkatan rata-rata jumlah panen buah jeruk kalamansi sebesar 60 persen, dari sebelumnya 50 kilogram menjadi 80 kilogram.

Para peserta juga telah mampu menghasilkan produk-produk turunan seperti sirup, odol, selai, hingga permen jelly untuk meningkatkan nilai tambah budidaya jeruk kalamansi. Selain meningkatkan produksi, Kadin turut memberikan pendampingan kepada petani terkait perizinan usaha dan sertifikasi, serta membantu pemasaran produk melalui kolaborasi dengan anggota Kadin yang bergerak di bidang perdagangan oleh-oleh khas Bengkulu.

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi, mengapresiasi upaya Kadin Provinsi Bengkulu melalui “Program Pelatihan Pembuatan Dan Pengemasan Sirup Kalamansi” yang telah memainkan peran penting dalam mempromosikan budidaya jeruk kalamansi dan meningkatkan produksi petani di Bengkulu. “Dampak nyata yang dihasilkan dari program ini merupakan wujud komitmen Kadin Bengkulu dalam menggerakkan ekonomi lokal dengan memanfaatkan potensi daerah, selaras dengan semangat Kadin Impact Award. Untuk itu, kami berikan apresiasi yang sebesarnya kepada seluruh pihak yang terlibat program ini,” kata Yukki.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan, Tri Hanurita, menyoroti dampak sosial program yang telah mendorong inklusivitas dan memberdayakan perempuan melalui peningkatan kapasitas petani. “Program ini menjadi penggerak utama pemberdayaan perempuan di Bengkulu, khususnya bagi petani wanita, dengan mengintegrasikan mereka ke dalam kerangka ekonomi dan memberikan keterampilan untuk maju. Ini adalah kunci untuk menciptakan ketahanan keluarga Indonesia yang lebih kuat, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan memajukan perekonomian secara menyeluruh,” ungkap Tri Hanurita.

Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Kadin Provinsi Bengkulu yang juga sebagai Ketua Program Program Pelatihan Pembuatan Dan Pengemasan Sirup Kalamansi, Trisna Anggraini, menjelaskan bahwa keberhasilan “Program Pelatihan Pembuatan Dan Pengemasan Sirup Kalamansi” tidak lepas dari kolaborasi antar semua pemangku kepentingan, termasuk anggota Kadin Bengkulu, UMKM Provinsi Bengkulu, Universitas, Majelis Ulama, Dewan Masjid Indonesia dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Provinsi Bengkulu.

“Program ini dibangun atas kerjasama erat antara akademisi, sektor bisnis, pemerintah, dan komunitas, dengan membawa visi inovasi dan inklusivitas. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi tiada henti dari semua stakeholder yang berkomitmen pada pemberdayaan komunitas petani, yang merupakan pilar penting dari ekonomi regional di Provinsi Bengkulu,” tutup Trisna.

Kadin Jatim dan ALFI Teken Kerjasama Pendampingan UMKM Mengakses Pasar Ekspor
Kadin dan BNSP Bekerjasama Kembangkan Sertifikasi Kompetensi Kerja
East Ventures dan Kadin Indonesia meluncurkan ECOVISEA, kalkulator gas rumah kaca berbasis web dan gratis

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry