Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Alternatif Kebijakan Perberasan Nasional

Kadin Indonesia menggelar FGD dengan topik “Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Melalui Penguatan Perberasan Nasional” pada Selasa (22/8/2023).

Tujuan FGD ini antara lain :
1. Memberikan masukan kepada pemerintah tentang peningkatan ketahanan pangan melalui penguatan perberasan nasional yang dapat menyejahterakan petani padi, menyediakan beras yang terjangkau bagi konsumen dan juga meningkatkan kinerja industri beras.
2. Mendiskusikan Langkah-langkah terobosan guna peningkatan produksi beras nasional yang mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani padi.

Beras adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia yang memiliki peran strategis karena masih menjadi sumber karbohidrat utama di Indonesia, kontribusinya relatif besar terhadap PDB tanaman pangan dan tingkat inflasinasional.

Produksi komoditas beras periode tahun 2018–2022 belum mengalami kenaikan yang signifikan, padahal jumlah populasi Indonesia mengalami kenaikan yang terus-menerus dan masih lebih tinggi dibandingkan laju penurunan konsumsi beras per kapita yang terjadi akhir-akhir ini. Oleh sebab itu, kebutuhan beras nasional masih memiliki tren meningkat.

Beberapa permasalahan penting yang dihadapi perberasan nasional, yaitu : Alih fungsi lahan areal tanam padi, menurunnya minat generasi muda untuk menjadi petani, keterbatasan prasarana dan faktor produksi, tingkat kesejahteraan petani padi yang relatif rendah, serta fluktuasi harga gabah dan beras.

Produktivitas lahan dan efisiensi pabrik beras akan terwujud jika produksi beras nasional dapat ditingkatkan, dimana peningkatan produksi diperlukan agar usaha tani padi dan industri perberasan tetap strategis dan menjadi lebih berkelanjutan, melalui :
• Intensifikasi : dengan menerapkan serangkaian inovasi/bioteknologi. Produktivitas tanaman padi Indonesia perlu ditingkatkan agar lebih tinggi minimal 25 persen di atas produktivitas negara-negara ASEAN lainnya.
• Ekstensifikasi : dengan dua cara, pertama kegiatan agro forestri. Luas areal hutan Indonesia yang boleh dimanfaatkan masih relatif luas, sehingga dapat diperuntukkan bagi pembukaan lahan sawah baru. Kedua, mengoptimalkan pemanfaatan areal food estate yang suitable untuk budidaya padi. Kedua hal ini dapat mendorong sebagian petani/buruh tani Pulau Jawa dan pulau padat lainnya untuk bermigrasi ke pulau lain, sehingga penyebaran areal tanam padi menjadi lebih baik/tidak terkonsentrasi di pulau Jawa.

Harga merupakan penyeimbang demand dan supply sehingga pembentukannya sebaiknya diserahkan kepada mekanisme pasar, terutama pada segmen pasar beras kualitas premium yang merupakan konsumsi masyarakat berpendapatan menengah-tinggi. Melalui ini petani akan menerima harga gabah yang relatif tinggi.

Untuk segmen pasar beras lainnya, diperlukan harga beras yang relatif lebih stabil dan berada dalam jangkauan konsumen berpendapatan rendah. BUMN dapat berkolaborasi dengan sektor swasta untuk menjaga agar harga beras kualitas menengah-rendah menjadi stabil-terjangkau namun tetap menguntungkan bagi petani padi.

Dalam mengupayakan penguatan industri perberasan nasional, petani tentunya tidak akan bisa bekerja sendiri, dibutuhkan peran seluruh stakeholder di dalamnya. Pembangunan di bidang pertanian adalah tugas dan tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia karena masalah pangan adalah masalah hidup mati sebuah bangsa serta sektor pertanian merupakan ujung tombak kemajuan bangsa Indonesia dalam menentukan tingkat kesejahteraan masyarakatnya.

Menjawab tantangan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan melalui penguatan perberasan nasional, perlu dirumuskan alternatif kebijakan perberasan nasional, agar kebijakan tersebut dapat mendorong terwujudnya rantai pasok beras yang berdaya saing dengan keseimbangan peran di antara pelaku-pelaku rantai pasok.

Indonesia Catalogue Expo and Forum Digelar Akhir Bulan Mei 2024
Gelaran ITIF 2024 Dorong Investasi di Sektor Parekraf
Kadin Jatim dan Dewan Eurasia Internasional Jajaki Kerjasama di Sektor Energi dan Infrastruktur

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry