Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Kadin Hibahkan Alat Produksi Oksigen ke RSUD Wonosari

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memberikan hibah alat produksi oksigen ke RSUD Wonosari. Diharapkan bantuan bisa menjadi salah satu upaya peningkatan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Joseph Pangalila mengatakan, pemberian alat produksi oksigen ke RSUD Wonosari tidak lepas terjadinya puncak pandemi corona di 2021-2022. Saat itu, sambung dia, jumlah kasus mengalami peningkatan yang sangat signifikan sehingga banyak rumah sakit yang kekurangan oksigen.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka Kadin berinsiatif memberikan bantuan ke rumah sakit-rumah sakit terpilih. Salah satunya diberikan ke RSUD Wonosari.

“Meski pandemi telah mereda, tapi alat bantu oksigen masih bisa dimanfaatkan dalam peningkatan pelayanan,” kata Joseph, Minggu (28/5/2023).

Menurut dia, secara total ada 60 mesin alat produksi oksigen yang diberikan oleh Kadin dan tersebar di sejumlah wilayah di Gunungkidul. “Bantuan ada yang diberikan ke rumah sakit sampai Wamena di Papua,” katanya.

Joseph menambahkan, pemberian tidak hanya sebatas bantuan mesin. Pasalnya, juga ada cadangan sparepart pada saat terjadi kerusakan, serta proses perawatan mesin selama dua tahun.

“Dalam rentang waktu dua tahun, saya kira sudah bisa memberikan pelatihan dalam perawatan. Sedangkan pemanfaatan, sehari bisa membuat 60 tabung oksigen dan bisa disalurkan ke puskesmas-puskesmas,” katanya.

Direktur RSUD Wonosari, Heru Sulistyowati berterimakasih kepada Kadin yang telah memberikan bantuan mesin untuk produksi oksigen. Fasilitas ini, lanjut dia, bisa menjadi sarana pendukung dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. “Jelas sangat membantu untuk menjaga pasokan oksigen ke pasien,” katanya.

Adanya fasilitas ini, RSUD Wonosari tidak khwatir dengan stok oksigen dikarenakan cadangan yang dimiliki sangat melimpah. “Memang pada saat puncak corona, kami sempat kekurangan. Tapi, sekarang dengan tambahan alat produksi baru, maka stok oksigen tidak ada masalah,” katanya.

 

Dilansir dari harianjogja.com

Kadin Berkolaborasi dengan Soodu.id untuk Dorong Digitalisasi UMKM
Informasi Resmi dari Kadin Indonesia Tentang Keputusan Pribadi Arsjad Rasjid
Rayakan HUT Ke-55 : Kadin Indonesia Tegaskan Komitmen Untuk Perekonomian Nasional Yang Tangguh, Sejahtera, Inklusif, dan Berkelanjutan

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry