Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Kadin Jakarta Dorong UMKM Lakukan Transformasi Digital

Kemajuan teknologi saat ini mendorong berbagai usaha bisa mendunia, termasuk usahan mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Melakukan transformasi digital menjadi kata kunci kemajuan suatu usaha.

“Kunci kemajuan UMKM di era teknologi saat ini adalah melakukan transformasi digital. Bila tidak, maka UMKM akan ketinggalan,” kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta, Diana Dewi dalam keterangan pers, Senin (24/6/2024).

Diana mengatakan, saat ini banyak sekali platform digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. Mulai dari media sosial, berbagai macam software marketing, hingga paling gres teknologi artificial intelligence (AI). “Kita bisa memilih salah satu ataupun menggunakan semuanya demi kemajuan usaha yang kita jalani,” tuturnya.

Seperti diketahui, survei dari Statista di 2019, Indonesia menduduki peringkat ke-5 negara pengguna internet terbanyak di dunia. Itu artinya, potensi digital begitu besar di negara ini. Bahkan, pandemi Covid-19, menjadi pematik bisnis UMKM masuk ruang-ruang digital untuk memasarkan berbagai produknya.

“Kini saatnya, pelaku usaha UMKM masuk ranah digital. Memanfaatkan teknologi agar bisa naik kelas,” kata Diana.

Dia menyebutkan, ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh UMKM dengan melakukan transformasi digital, antara lain:

  1. Menjangkau konsumen lebih luas dengan pitensi biaya yang lebih terjangkau
  2. Peluang meningkatkan pendapatan usaha
  3. Memiliki opsi pembayaran yang lebih beragam
  4. Kemudahan dalam pencatatan transaksi penjualan
  5. Meminimalisir human error dalam operasional usaha

Guna mencapai hal tersebut, lanjut Diana, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yakni:

  1. Optimalisasi peran media sosial dan market place sebagai alat promosi usaha
  2. Menggunakan software penjualan untuk membantu operasional seperti analisa data, rekap penjualan, atau manajemen invetori.
  3. Secara berkala mengadakan penawaran menarik pada momen tertentu seperti perayaan hari besar nasional atau keagamaan, tanggal kembar, dan sebagainya
  4. Menjaga interaksi dengan pelanggan dengan tetap terbuka terhadap setiap kritik dan masukan yang disampaikan melalui kanal digital.

 

“Saya mendorong UMKM di Indonesia, terkhusus di Jakarta agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai teknologi digital yang ada agar segera naik kelas dan bisa ikut bersaing di kancah global,” ujar Diana.

Selama ini, Kadin Jakarta secara konsisten memberikan pelatihan digital kepada para pelaku UMKM. “Kami berharap melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan secara kontinu, UMKM bisa melakukan transformasi digital sehingga usahanya bisa terus naik kelas,” pungkas Diana Dewi.

Kadin DIY dan Yayasan Pijar Teken MoU Penerapan Teknologi Smart Sanitation
M. Arsjad Rasjid P.M.
Dorong Laju Perekonomian, Kadin Fokus Pemberdayaan UMKM
HEXIA 2024 Pamerkan Inovasi Industri Helikopter Asia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry