Logo Kadin Indonesia

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry

Kadin Kalsel dan BNSP Bentuk Tempat Uji Kompetensi di Bidang Jasa Konstruksi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Selatan membentuk Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang berafiliasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas SDM bidang jasa konstruksi di era persaingan global. TUK KADIN Kalsel ini sudah terhubung dan tersedia pada aplikasi Online Single Submission (OSS) Kementerian PUPR dan mulai beroperasi dengan melaksanakan Uji Kompetensi Tenaga Ahli Konstruksi Bidang Ahli Manajemen Konstruksi Level 9 atau Ahli Utama, Rabu (22/11/2023).

“Kami sangat bergembira dengan telah terealisasinya salah satu program kerja KADIN Kalsel, khususnya berkaitan dengan penguatan kompetensi tenaga kerja,” ujar Shinta Laksmi Dewi, Ketua Umum Kadin Provinsi Kalimantan Selatan.

Shinta memaparkan, kehadiran TUK ini, sejalan dengan program kerja KADIN Kalsel, yang merupakan sinergitas Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang PUPR, WKU Ketenagakerjaan dan WKU bidang Vokasi.

Pembentukan TUK ini juga sejalan dengan PP Nomot 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Salah satu misi KADIN, adalah meningkatkan kualitas tenaga kerja, dan memberikan solusi bagi kebutuhan pasar kerja, dengan menyediakan SDM berkompeten dan berkualitas, serta menambah daya saing tenaga kerja Kalsel di pasar lokal, regional maupun nasional,” tambahnya.

Lebih lanjut Shinta mengatakan, sertifikat kompetensi keahlian dan keterampilan yang dikeluarkan sistem BNSP melalui kerjasama TUK KADIN Kalsel ini, dapat memvalidasi dan mengukur kemampuan tenaga kerja. Sehingga akan meningkatkan daya saing dan memperluas potensi memasuki pasar kerja, baik di dalam maupun luar negeri.

“Oleh karena itu, kami mengundang asosiasi yg bergerak di bidang konstruksi, untuk memanfaatkan fasilitas TUK ini, dalam pembuatan Sertifikat Kompetensi Kerja,” tutupnya.

Kehadiran TUK KADIN Kalsel, diharapkan dapat memudahkan sektor kontruksi, untuk standardisasi keahlian dan ketrampilan tenaga kerjanya, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing sektor usaha kontruksi di Kalimantan Selatan.

Dilansir dari abdipersadafm.co.id

Kadin Jatim dan ALFI Teken Kerjasama Pendampingan UMKM Mengakses Pasar Ekspor
Kadin dan BNSP Bekerjasama Kembangkan Sertifikasi Kompetensi Kerja
East Ventures dan Kadin Indonesia meluncurkan ECOVISEA, kalkulator gas rumah kaca berbasis web dan gratis

KADIN INDONESIA

Indonesian Chamber of Commerce and Industry